Pages

5 Usaha di Desa atau Kampung yang Sangat Menjanjikan

Keputihan dan Gatal? Crystal X Solusi Masalah Kewanitaan Anda
Mau Cantik dan Kinclong? DiMoreskin Aja Cantik Alami Tanpa Mercury.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa tinggal di kota lebih ideal untuk mencari dan menghasilkan uang. Pendapat tersebut bisa benar bisa tidak, Jika Anda mengejar karir sebagai seorang karyawan maka jelas hidup di kota besar merupakan pilihan yang tepat, hal tersebut dikarenakan standar upah minimum di kota akan lebih besar daripada di desa. Tapi apabila Anda akan membangun sebuah usaha, maka kemungkinan peluangnya akan 50 : 50.

Apalagi saat ini dukungan internet sudah begitu mudah didapatkan bahkan untuk daerah pedesaan, baik tinggal di kota ataupun di desa akan terasa sama saja nantinya dalam urusan uang.

Ada beberapa contoh peluang usaha di desa yang bisa dipertimbangkan, semoga menginspirasi Anda untuk mulai membangun usaha di desa Anda sendiri.

1. Peluang Usaha Kuliner
Ya usaha kuliner adalah salah satu usaha yang tidak pernah ada matinya dan akan terus ada. Walau sebenarnya daya beli masyarakat desa bisa dikatakan lebih rendah daripada daya beli masyarakat kota, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba menjalankan jenis usaha ini.
5 Usaha di Desa atau Kampung yang Sangat Menjanjikan
Tapi tentunya Anda harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu sebelum pada akhirnya memulai usaha kuliner. Seperti makanan apakah yang namtinya hendak anda jual, kebutuhan pasar di sekitar Anda, termasuk juga daya beli masyarakat sekitar dan lain sebagainya.
Beberapa jenis atau produk kuliner yang bisa anda jual di desa diantaranya adalah berjualan kue dengan sistem pemesanan atau yang sering disebut dengan pre – order, berjualan gorengan atau membuka warung makan sederhana.

2. Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung
Pada umumnya andai diminta untuk memilih jenis ayam, masyarakat kita cenderung berpendapat bahwa ayam petelur dan ayam potong atau daging adalah yang paling cocok untuk usaha ternak.
Namun apakah Anda mengetahui bahwa permintaan ayam kampung saat ini hanya terpenuhi di kisaran angka 25 – 30 % saja?

Kita ambil sebagai contoh adalah, bahwa kebutuhan pasar akan ayam kampung pada tahun 2015 untuk wilayah Jakarta, Depok, Tanggerang dan Bekasi diperkirakan mencapai 200.000 ekor per hari, sedangkan para peternak ayam kampung hanya mampu menyediakan pasokan ayam sebanyak 35.000 ekor saja dalam sehari.

Maka inilah celah usaha ayam kampung yang mungkin saja bisa kita masuki sekarang. Dan besarnya permintaan tersebut ternyata juga terjadi di kota – kota besar lainnya.
Untuk memulai usaha ini, anda tidak perlu terburu-buru dengan membeli ratusan anakan ayam kampung atau DOC. Ada baiknya Anda menbandingkan, manakah yang cocok diantara dua system berikut ini.

1. Sistem Umbaran
Pada umumnya menjalankan usaha ternak ayam kampung dengan metode atau sistem umbaran adalah merupakan cara yang paling sering digunakan dan sudah sangat umum dijalankan oleh masyakarat pedesaan.

Dengan system ini, Anda tidak dirrepotkan dengan manajemen pakan dan kendang, ya karena memang tidaklah ada ketentuan yang khusus.
Anda hanya perlu menyediakan kandang sederhana untuk sekedar tempat berteduh dan istirahat ayam ketika malam tiba. Sedangkan untuk pakan bisa lebih hemat karena tentunya ayam akan mencari makanan sendiri saat diumbar.

Dan kelemahan dari sistem umbaran ini adalah, bahwa produktivitas ayam jadi lebih rendah serta kurang terkontrol. Hal ini belum lagi apabila lingkungan anda masih tedapat banyak musang jahat yang berkeliaran, tentu saja hal ini merupakan ancaman yang sangat serius untuk ternak ayam kampung yang akan anda kembangkan.

2. Sistem Semi Intensif
Ada banyak model dan tipe kandang untuk sistem ternak ayam semi intensif ini. Diantaranya adalah kandang dengan tipe postal, tipe baterai dan tipe pekarangan.

Misalnya anda memiliki pekarangan yang lumayan luas dan modal yang tidak banyak, Anda bisa mencoba ternak ayam kampung dengan tipe kandang pekarangan saja karena tipe ini biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan kandangnya tidak terlalu mahal.

Dengan menerapkan model seperti ini, anda akan lebih mudah mengontrol ketersediaan pakan, melindungi ayam dari musang ataupun ancaman yang lain.

Dari kedua jenis model atau sistem ternak ayam kampung di atas, kami cenderung merekomendasikan sistem semi intensif, tipe kandang pekarangan untuk anda praktekkan dengan alasan lebih terkontrol, terjangkau dan bisa dimanage.

3. Peluang Usaha di Desa Rental PlayStation
Mungkin anda termasuk yang kurang sepakat saat mendapati bahwa usaha rental playstation ada dalam daftar 5 contoh usaha di desa yang sangat menjanjikan ini.
Ya, memang kaarena biasanya usaha rental playstation cenderung memiliki citra dan repuasi yang kurang baik di tengah masyarakat pedesaan. Orang pada umumnya menganggap playstation sebagai biang kerok dan salah atu penyebab utama dari malasnya anak dalam belajar, pemborosan dan lain sebagainya.

Dengan berbagai permasalahan di atas membuat usaha ini minim pesaing di daerah pedesaan sehingga sangat memungkinkan lebih cepat sukses kedepannya. Untuk meminimalisir itu semua, Anda mungkin bisa menerapkan aturan di rental anda seperti melarang anak berseragam sekolah untuk masuk rental, tutup saat jam ngaji TPA/TPQ atau menerapkan batasan jam malam rental untuk anak di bawah umur, hal tersebut dimaksudkan agar hubungan anda dengan masyarakat tetap terjaga dengan baik.

4. Peluang Usaha di Desa Bimbingan Belajar
Selain usaha kuliner bimbingan belajar merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dibilang ngga ada matinya juga. Bimbel memiliki prospek cerah, ini bisa dilihat dari bagaimana perkembangan positif pola berpikir masyarakat desa dalam hal bagaimana pentingnya pendidikan bagi anak.

Untuk menjalankan bisnis bimbel paling tidak anda atau salah satu orang yang terlibat dalam usaha ini harus memiliki background pendidikan. Hal ini sangat penting untuk membangung kepercayaan calon pelanggan terhadap usaha yang sedang anda bangun. Dan jika usaha bimbingan belajar di desa Anda belum begitu familiar dan populer, kenapa tidak anda saja yang mulai mengembangkanya?

5. Go Online – Usaha Bisnis Online
Bisnis online adalah usaha yang sangat luwes dan fleksibel, dalam artian bisa anda jalankan darimana saja Anda berada, asalkan daerah tersebut sudah memiliki akses internet. 

Ada banyak macam dan cara untuk memulai bisnis online, walaupun usaha ini hanya dijalankan dari daerah pedesaan, bukan berarti Anda harus berkecil hati. Karena banyak sekali mereka yang sudah sukses dalam usaha ini.

Dan berkaca dari pengalaman saya sendiri, untuk menjalankan bisnis online memang tidak semudah yang kita bayangkan, ada banyak tantangan yang harus dilalui sebelum sukses mengikuti.
Dan yang perlu kita garis bawahi adalah, bahwa apapun bentuk usaha yang akan anda jalankan, semua akan membutuhkan kesabaran, ketekunan serta konsistensi agar benar – benar mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Dan ini berlaku untuk semua jenis usaha, baik online maupun offline. Semoga bermanfaat.



Gaji Cuma Lewat?gajian.comMau JUALAN ONLINE Tapi Belum Punya Produk?
Modal Gadgetreseller.co.idBisa dilakukan siapa saja, fleksibel dimana saja dan kapan saja.